Recent twitter entries...

Tumbuhkan Keyakinanmu

Laporan Hasil Analisis "Taqwim Tadris al-Lughah al-Arabiyah"


LAPORAN HASIL ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013  MTsN NEGERI KEDIRI 2

  HASIL OBSERVASI
   Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
   “Taqwim Tadris al-Lughoh al-Arabiyah


 




                                               




Oleh:
Vivi Ekayanti                D52211064


Dosen Pembimbing :
Baihaqi, M.Ag


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Rabbi, atas segala limpahan berkah, rahmat dan karunia-Nya. Karena-Nya kita dapat merasakan kenikmatan yang begitu luar biasa dan tak dapat terukur oleh apapun. Karena itu penulis dapat menyelesaikan hasil observasi di MTsN Negeri Kediri 2  ini.
Hasil observasi ini disusun untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Taqwim al-Tadris al-Lughoh  al-Arabiyah. Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat, terutama bagi dunia pendidikan di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Penulis tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dan dorongan dari dosen pembimbing. Semoga hasil observasi kita ini dapat memberikan sumbangan yang positif bagi kita semua, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. Kami menyadari tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, ibarat tidak ada gading yang tak retak. Kami berharap kritik dan saran yang membangun dari segenap pembaca.







Surabaya, 9 Mei 2013


Penulis




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL   ........................................................................................i
KATA PENGANTAR   ………………………………………………………ii
DAFTAR ISI  …………………………………………………………………iii
BAB 1             PENDAHULUAN ……………………………………………1
1.1  Latar Belakang …………………………………………….1
1.2  Tujuan Masalah ……………………………………………1
1.3  Rumusan Masalah …………………………………………1

BAB II             PEMBAHASAN ………………………………………………...2
A.     Analisis Validitas Prediktif ……………………………….2
                        B.  Analisis  Validitas Isi  …………………………………….3
                        C.  Analisis Reliabilitas
                        D.  Analisis Tingkat Kesukaran
                        E.  Analisis Daya Beda

BAB III            PENUTUP

LAMPIRAN
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013
Kunci Jawaban Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
Jawaban Siswa Mts Negeri Kediri 2
Tabel Penelitian






BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendididkan terutama dalam “Evaluasi Pembelajaran” ada beberapa aspek yang harus diteliti. Aspek-aspek tersebut sangatlah penting karena mengingat suatu soal dikatakan baik apabila memiliki ketepatan atau validitas yang baik. Di samping ketepatan, soal juga dikatakan baik apabila memiliki keajegan atau dalam evaluasi reliabilitas yang baik. Di samping validitas dan reliabilitas, soal yang baik pasti harus bisa membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai. Selain itu soal yang baik, juga mempunyai tingkat kesukaran yang baik pula.Untuk memperjelas pemahaman tentang aspek-aspek yang harus diteliti di atas, maka kami mengadakan penelitian  soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Ajaran 2012/2013.
B.     Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui validitas dalam analisis butir soal pilihan ganda.
2.      Untuk mengetahui reliabilitas dalam analisis butir soal pilihan ganda.
3.      Untuk mengetahui taraf kesukaran dalam analisis  butir soal pilihan ganda.
4.      Untuk mengetahui daya beda dalam analisis butir soal pilihan ganda
C.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah cara menganalisis validitas dalam butir soal pilihan ganda?
2.      Bagaimanakah cara menganalisis reliabilitas dalam butir soal pilihan ganda?
3.      Baimanakah cara menganalisis taraf kesukaran dalam butir soal pilihan ganda?
4.      Bagaimanakah cara menganalisis daya beda dalam butir soal pilihan ganda.
BAB II
PEMBAHASAN

A.     Analisis Validitas Prediktif
Suatu tes dikatakan baik apabila memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan. Salah satu kriteria tersebut yakni validitas. Banyak kalangan yang ambigu dengan makna validitas dan valid. Validitas hakikatnya yakni kata benda yang berarti “ketepatan”. Sedangkan valid hakikatnya kata sifat yang berarti tepat. Suatu tes dikatakan mempunyai validitas yang tinggi bila ketepatan data yang diperoleh sama atau tepat dengan data yang diteliti atau dengan kata lain sesuai dengan kenyataan. Dari sedikit uraian namun jelas di atas, kami mengadakan penelitian tentang validitas soal pilihan ganda yang hasilnya sebagai berikut:
Lihat tabel 1
Dari tabel analisis validitas di atas, kita dapat melihat bahwasanya validitas per butir soal pilihan ganda spesialnya soal Ujian Akhir Nasional Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 tampak berbeda atau dapat dikatakan masing-masing per butir soal mempunyai validitas sendiri-sendiri. Mulai soal no.1 sampai soal no.5 hasil validitasnya 1 yang penafsirannya tampak warna merah yang mengindikasikan bahwasanya soal sangat tinggi ketepatannya. 
Sedangkan soal no.6, 17, 18, 27, 43 dan 46 hasil validitasnya menunjukkan kisaran 0,4 – 0,6 yang penafsirannya dari tabel tersebut berwarna biru tua yang mengindikasikan ketepatan soal tersebut cukup. Sedangkan soal no. 7, 9, 13, 19, 24, 26, 28, 33, 34, 36, 38, 39 dan no. 47 hasil validitasnya menunjukkan  kisaran 0,0 – 0,2 yang penafsirannya dari tabel tersebut berwarna putih yang mengindikasikan bahwasanya ketepatan soal tersebut sangat rendah. Sedangkan soal no. 11,14, 15, 20, 23, 42, 44, 45,48, 49 dan 50  hasil validitasnya menunjukkan kisaran antara 0,2 - 0,4 yang penafsiran dari tabel tersebut berwarna merah muda yang mengindikasikan ketepatan soal tersebut rendah. Sedangkan soal no. 29, 30 dan no.32 validitasnya menunjukkan kisaran 0,6 – 0,8 yang penafsirannya pada tabel tersebut berwarna kuning yang mengindikasikan bahwasanya ketepatan soal tersebut tinggi.
B.     Analisis Validitas Isi
Untuk menganalisis validitas isi, maka diperlukan kesesuaian soal dengan standar kompetensi kelulusan apakah telah memenuhi indikator yang telah tercantum dalam Standar Kompetensi Kelulusan. Lihatlah tabel analisis validitas isi sebagai berikut:
NO.
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
INDIKATOR
KRITIK DAN SARAN
1
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frase, dan kalimat tentang ta’aruf dengan tanda baca yang tepat.
Ÿ Disajikan dialog        melengkapi dialog dengan ungkapan yang tepat.
Soal no.1
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
2
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعاروف dengan tepat menggunakan kata sapaan (القاء التحياة) , kata ganti tunggal( اسم للمفرد الضمير) , kata tunjuk (اسم الأشارة) dan kata depan (ادوات الجر)
ŸMenetukan kalimat tanya yang tepat tentang ta’aruf
Soal no.2
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
3
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (القاء التحياة), kata ganti tunggal (اسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (اسم الأشارة), kata depan (ادوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
Ÿ Menentukan isim dhamir  yang tepat
Soal no.3
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
4
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana tentang مدرستي”  dengan tepat dan benar
Ÿ Menentukan kata sifat yang tepat tentang ادوات مدرسية
Soal no.4
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
5
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, dan kalimat tentang
 مدرستي”dengan tanda baca yang tepat
Ÿ Menentukan syakal  yang tepat dari kalimat yang disediakan
Soal no.5
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
6
Mengungkapkan informasi / gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang ” مدرستي” dengan menggunakan kata sapaan (القاء التحياة), kata ganti tunggal (اسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (اسم الأشارة), kata depan (ادوات الجر), kata sifat  (النعت) termasuk warna
Ÿ Menentukan  ادوات الجر yang tepat
Ÿ Menerjemahkan tentang warna dengan tepat
Soal no.6
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
7
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frase dan kalimat tentang  بيت dengan tanda baca yang tepat
Ÿ Melengkapi kalimat dengan tepat
Soal no.7
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
8
Menulis paragraf sangat sederhana tentang  بيت dengan menggunakan kalimat berstruktur صفة+ خبر مقدم+مبتداء مؤخر/نعت
Ÿ Disajikan kata-kata acak, menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang tepat
Soal no.8
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
9
Menulis tentang  بيتي dengan menggunakan media gambar/ alat peraga gambar/foto yang dilihat dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم+مبتداء مؤخر/نعت
Ÿ Disajikan gambar, menetukan kalimat yang sesuai dengan gambar tersebut
Soal no.9
Soal kurang bagus atau kurang tepat karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya soal disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
10
Mengidentifikasikan kata, frase, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang  أسرتي menggunakan kalimat berstruktur mubtada’  dan khobar ( berupa kata kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
Ÿ Menentukan judul yang tepat tentang keluarga
Ÿ Disajikan kalimat, menentukan status salah satu dari anggota keluarga dengan tepat
Soal no.10 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
11
Menemukan informasi umun dan atau rinci dari wacanma tulis sederhana tentang اسرتي dengan menggunakan kalimat berstruktur mubtada’  dan khobar ( berupa kata kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
Ÿ Menyebutkan informasi tersirat dari wacana yang disediakan
Ÿ Menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat
Soal no.11
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
12
 Menulis paragraf sederhana tentang اسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada’  dan khobar ( berupa kata kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
Ÿ Disajikan dialog rumpang, melengkapi dengan kalimat tanya tentang
Soal no.12
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
13
Menulis cerita sederhana tentang اسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstrukturmubtada’  dan khobar ( berupa kata kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
Ÿ Disajikan gambar tentang kegiatan keluarga, menetukan fi’il mudhari’ yang tepat
Soal no.13
Soal kurang bagus atau kurang tepat karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya soal disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
14
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
Ÿ Disajikan dialog rumpang, melengkapi dengan kalimat tanya tentang العنوان
Soal no.1
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar komopetensi Kelulusan yang berlaku sehingga ketepatan isi sola ini kurang tepat. Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku.
15
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang sebuah lokasi/ alamat
Ÿ Menyebutkan nomor rumah dengan bahasa Arab
Soal no.15
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku sehingga ketepatan isi soal ini kurang begitu tepat. Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
16
Mengidentifikasikan kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
Ÿ Menerjemahkan nomor telpon ke dalam bahasa Arab
Soal no.16
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
17
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang sebuah lokasi atau alamat
Ÿ Menentukan jawaban atas pertanyaan  اين dengan tepat
Soal no.17
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi soal kurang begitu tepat. Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
18
Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di sekolah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
Ÿ Menentukan  fi’il mudhari’ dengan tepat
Soal no.18
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi kurang begitu bagus. Untuk itu, isi soal ini disesuiakan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
19
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang انشطي في المدرسة  dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah ismiyah (mubtada’+ khabar + maf’ul bih)
Ÿ Disajikan bacaan, menjawab sesuai isi jawaban
Soal no.19
Kurang begitu bagus  karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
20
Menulis paragraf  sederhana tentang انشطتي في البيت menggunakan struktur kalimat terdiri dari mubtada’+ khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyah)
Ÿ Menentukan mubtada’ yang tepat dari kalimat yang disediakan
Soal no.20
Kurang begitu bagus  karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
21
Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan menggunakan struktur kalimat mubtada’+khabar+ maf’ul bih (jumlah ismiyah)
Ÿ Menentukan khabar’ yang tepat dari kalimat yang disediakan
Soal no.21
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
22
Menulis paragraph sederhana tentang 
انشطتي في البيت dengan menggunakan struktur kalimat terdiri jumlah
fi’liyah
Ÿ Menentukan fi’il mudhari’  dalam  jumlah fi’liyah dengan tepat
Soal no.22
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
23
Menulis kegiatan siswa di madrasah  dengan menggunakan struktur kalimat terdiri jumlah fi’liyah
Ÿ Disajikan kalimat ismiyyah, menentukan perubahannya menjadi kalimat fi’liyyah
Soal no.23
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi kurang tepat. Untuk itu, soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
24
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
Ÿ Disajikan  beberapa kalimat acak dengan menentukan urutan jadwal kegiatan di rumah dengan benar
Soal no.24
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
25
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang انشطتي في البيت dengan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyah
Ÿ Menentukan terjemahan dengan menggunakan struktur  jumlah fi’liyyah
Soal no.25
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
26
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang hobi dengan kalimat berstruktur fi’il mudhari’+ mashdar sharih
Ÿ Disajikan paragraph sederhana, menentukan tema/  judul  dari paragraph tersebut
Soal no.26
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
27
Menemukan informasi umum atau rinci dari wacana tertulis sederhana tentang hiwayah dengan menggunakan fi’il mudhari’ + mashdar sharih
Ÿ Menentukan jawaban pertanyaan sesuai isi bacaan
Soal no.27
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
28
Menulis paragraf sederhana tentang الهواية dari beberapa teman sekelasnya
Ÿ Disajikan jawaban tentang hobi, bertanya tentang jenis hobi yang lebih disukai temannya
Soal no.28
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
29
Menulis beberapa الهواية yang disenangi
Ÿ Melengkapi kalimat rumpang yang disediakan menjadi kalimat sempurna
Soal no.29
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
30
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’  dan masdar muawwal dan kata an, lan dan li
Ÿ Disajikan gambar tentang profesi, menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar
Soal no.30
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
31
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’  dan masdar muawwal dan kata an, lan dan li
Ÿ Disajikan kalimat, menentukan jenis profesi
Soal no.31
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
32
Menulis paragraph sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’  dan masdar muawwal dan kata an, lan dan li
Ÿ Disajikan kalimat rumpang, menentukan huruf nasab yang tepat
Soal no.32
Soal cukup bagus dengan memenuhi Standar Kompetensi Kelulusan yang ada, namun soal ini kurang begitu tepat dikarenakan  tidak sesuai dengan indikator
33
Menulis profesi anggota keluarga siswa
Menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’  dan masdar muawwal dan kata an, lan,li
Ÿ Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab, menentukan arakat yang tepat
Ÿ Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab, menentukan harakat yang tepat
Soal no.33
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
34
Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fi’il madhi dasar dan kata  laa nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhafah
Ÿ Disajikan paragraph sederhana, menentukan lawan kata (antonym) yang tepat
Ÿ disajikan paragraph sederhana, menentukan tema/ judul dari paragraph tersebut
Soal no.34
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
35
Menemukan informasi dan atau rinci dari wacana tulis tentang kegiatan keagamaan dengan menggunanakan fi’il madhi dasar atau kata  laa nafi  dan laa nahiyah dan struktur  jumlah idhafah
Ÿ Disajikan hari besar Islam tertentu, menentukan tanggal/ bulan yang tepat
Ÿ Disajikan kalimat tentang kegiatan keagamaan di madrasah, menentukan jabatan panitia tersebut
Soal no.35
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
36
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan keagamaan di daerahnya masing-masing dengan menggunakan fi’il madhi  dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhafah
Ÿ Disajikan kata-kata acak, menentukan kalimat yang tepat tentang kegiatan keagamaan
Soal no.36
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
37
Menulis pengalaman menarik dalam suatu kegiatan keagamaan di madrasah dengan menggunakan fi’il madhi
Ÿ Disajikan kalimat rumpang melengkapi dengan fi’il madhi  dengan tepat
Ÿ Disajikan kalimat rumpang menentukan fail yang sesuai dengan fi’il madhi fi’il madhi   yang disediakan
Soal no.37
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
38
Menulis paragraf sederhana tentang macam-macam kegiatan keagamaan umat Islam
Ÿ Disajikan kalimat acak, menentukan susunan kalimat ang tepat
Soal no.38
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
39
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana tentang رحلة تروحية / berwisata) yang menggunakan fi’il mujarrod dan mazid, isim maushul, isim tafdhil dan fi’il ta’ajubbiyah
Ÿ Disajikan kalimat tentang berwisata, menentukan jawaban yang tepat
Soal no.39
Soal cukup bagus sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku namun ketepatannya kurang tepat disebabkan tingkat kesukaran mufrodat, sebaiknya di samping sesuai dengan Standar Kompetensi yang ada tetapi juga menyesuaikan mufrodatnya.
40
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tertulis tentang lingkungan sekitar kita
Ÿ Disajikan kalimat sederhana tentang lingkungan sekitar, menetukan salah satu makna kata pada kalimat yang disediakan
-Soal no.40
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
-Soal no.47
Cukup bagus, telah memenuhi Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal memakai mufodat yang lebih mudah

41
Menulis paragraf sederhana  tentang lingkungan sekitar kita dengan menggunakan fi’il mujarrod dan mazid, isim maushul, isim tafdhil dan fi’il ta’ajubbiyah
Ÿ Menentukan  isim maushul yang tepat
Ÿ Menentukan  isim tafdhil yang tepat
-Soal no.41
 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
-Soal no.48
Cukup bagus, telah memenuhi Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal memakai mufodat yang lebih mudah
-Soal no.49,43,46
Cukup bagus, telah memenuhi Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal memakai mufodat yang lebih mudah
42
Menulis deskriptif tentang pemandangan alam sekitar dengan bahasa santun dan berpedoman pada pemilihan kata, keefektifan dan keterpaduan kalimat
Ÿ Disajikan kalimat rumpang pemandangan alam sekitar, melengkapi dengan kata-kata yang tepat
-Soal no.42, 44,45,47
Kurang tepat karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya penyusunan soal disesuaikan dengan indikator yang tertera dalam Standar Kompetensi Kelulusan.
-Soal no.50
 Kurang begitu tepat dengan Standar Kompetensi Kelulusan, sebaiknya soal disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang berlaku.

C.     Analisis Reliabilitas
Suatu tes juga dapat dikatakan bagus jikalau reliable atau ajeg. Banyak kalangan yang ambigu dengan makna kata “reliable” dan “reliabilitas”. Perlu diketahui bahwasanya dua istilah tersebut berbeda. Hakikat dari keduanya yakni:
Reliabel merupakan kata sifat yang bermakna “ajeg”. Sedangkan reliabilitas merupakan kata benda yang bermakna “keajegan”. Suatu tes dapat dikatakan mempunyai reliabilitas yang tinggi jikalau tes yang diberikan pada tes pertama dan tes kedua menunjukkan keajegan. Artinya  anak yang pandai pada tes pertama menduduki peringkat atas dan anak yang kurang pandai menduduki peringkat bawah, begitu juga pada tes berikunya menunjukkan hasil yang sama.
Perlu diketahui juga, untuk menganalisis reliabilitas berbeda dengan analisis validitas. Untuk menganalisis validitas, yang dianalisis per butir soalnya,  akan tetapi untuk menganalisis reliabilitas yang dianalisis keseluruhan soal sehingga lebih memudahkan kita dalam menghitungnya. Untuk menghitung reliabilitas soal pilihan ganda, dapat memakai rumus Kuder  dan Richardson atau yang lebih dikenal “K-R. 20”. Sedangkan untuk menghitung reliabilitas soal pilihan ganda dan essay dari sebuah soal dapat menggunakan rumus Kuder dan Richardson atau yang lebih dikenal “K-R 21”.
Dari penelitian kami tentang analisis reliabilitas soal pilihan ganda yakni soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan menggunakan rumus K-R. 20 yakni :
r11 =     n         S2       didapatkan hasil sebagai berikut:
          n – 1          S2                                       

Lihat  tabel 1
Dari tabel tersebut tampak bahwa reliabilitasnya menunjukkan angka 0,69. Hal ini mengindikasikan bahwasanya reliabilitas keseluruhan soal tersebut tinggi karena mendekati angka 1,00. Semakin mendekati angka 1,00 maka reliabilitasnya semakin tinggi dan sebaliknya semakin mendekati 0,00 maka reliabilitasnya semakin rendah. Perlu diketahui rentangan reliabilitas yakni kisaran angka 0,00 – 1,00.

D.    Analisis Daya Pembeda
Daya pembeda adalah kemampuan sesuatu soal untuk membedakan antara siswa yang pandai (berkemampuan tinggi) dengan siswa yang kurang pandai (berkemampuan rendah).
Untuk mengetahui daya pembeda tersebut ada rentangan yang harus diketahui. Rentangannya sebagai berikut:
-1,00                             0.00                            1,00
daya pembeda                     daya pembeda                   daya pembeda
 negatif                              rendah                            tinggi (positif)

Lebih jelasnya, lihatlah hasil analisis daya pembeda kami, sebagai berikut:
            Lihat tabel 2
            Dari hasil analisis di atas, daya pembeda menunjukkan nilai 0,00 karena jumlah kelompok atas (upper) yang menjawab benar sama dengan  jumlah kelompok bawah (lower), sehingga menunjukkan soal tersebut jelek. Dan di sana tampak soal cukup baik karena daya pembedanya berkisar 0,21 – 0,40. Dan dikatakan soal baik karena daya pembedanya berkisar 0,41 – 0,70. Dan begitu juga soal dikatakan sangat baik karena daya pembedanya menunjukkan kisaran nilai 0,71 – 1,00. Namun, dari keseluruhan soal tersebut juga ditemukan soal lebih baik dibuang karena daya pembedanya menunjukkan nilai – (min) yang mengindikasikan bahwa soal tersebut terbalik yang berarti kelompok atas (upper) yang menjawab benar lebih sedikit dibandingkan kelompok bawah (lower) yang menjawab benar.
E.     Analisis Tingkat Kesukaran
Soal yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. Soal yang terlalu mudah tidak merangsang siswa untuk mempertinggi usaha memecahkannya. Sebaliknya soal yang terlalu sukar akan menyebabkan siswa menjadi putus asa dan tidak mempunyain semangat untuk mencoba lagi karena di luar jangkauannya.
Bilangan yang menunjukkan sukar dan mudahnya suatu soal disebut indeks  kesukaran. Besarnya indeks tingkat kesukaran antara 0.00 sampai 1,00. Indeks kesukaran ini menunjukkan taraf kesukaran soal.
Lebih jelasnya lihatlah hasil analisis tingkat kesukaran sebagai beriku:
     Lihat tabel 2
     Dari tabel tersebut tampak soal no.1 sampai no.13 dan soal no.15 sampai soal no.18, soal no.20 sampai no.22 dan soal no.25 sampai no.37, soal no. 39 sampai no.41, 44 serta no. 45 tingkat kesukarannya menunjukkan nilai 0,71- 1,00 yang penafsirannya pada tabel tersebut berwarna merah muda yang berarti soal tersebut tergolong mudah.
     Dan soal yang penafsirannya pada tabel tingkat kesukaran berwarna kuning mengindikasikasikan soal tersebut sedang. Sedangkan yang berwarna biru mengindikasikan bahwasanya soal tersebut tergolong sulit.





BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
1.      Analisis Validitas yakni analisis ketepatan soal baik yang bersifat prediktif maupun ketepatan isi soal tersebut yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada.
2.      Analisis Reliabilitas yakni analisis atau penelitian terhadap soal secara keseluruhan guna mengetahui kereliabelan suatu soal.
3.      Analisis Tingkat Kesukaran yakni penelitian terhadap suatu soal secara perbutir guna mengetahui taraf kesukaran suatu soal.
4.      Analisis Daya Beda yakni penelitian terhadap suatu soal secara perbutir guna mengetahui kemampuan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai. 

Comments (0)

Posting Komentar