LAPORAN HASIL ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR
NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MTsN NEGERI KEDIRI 2
HASIL OBSERVASI
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Taqwim Tadris al-Lughoh al-Arabiyah”
Oleh:
Vivi Ekayanti D52211064
Dosen Pembimbing :
Baihaqi, M.Ag
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2013
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Rabbi, atas segala limpahan berkah,
rahmat dan karunia-Nya. Karena-Nya kita dapat merasakan kenikmatan yang begitu
luar biasa dan tak dapat terukur oleh apapun. Karena itu penulis dapat
menyelesaikan hasil observasi
di MTsN Negeri Kediri 2 ini.
Hasil observasi ini disusun untuk
menyelesaikan tugas mata kuliah Taqwim al-Tadris al-Lughoh al-Arabiyah. Penulis berharap semoga
karya tulis ini dapat bermanfaat, terutama bagi dunia pendidikan di lingkungan
IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Penulis
tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dan dorongan dari
dosen pembimbing. Semoga hasil
observasi kita ini dapat memberikan sumbangan yang positif bagi
kita semua, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. Kami menyadari
tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, ibarat tidak ada gading yang tak
retak. Kami berharap kritik dan saran yang membangun dari segenap pembaca.
Surabaya,
9 Mei 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................i
KATA PENGANTAR ………………………………………………………ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………iii
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………1
1.1
Latar
Belakang …………………………………………….1
1.2
Tujuan
Masalah ……………………………………………1
1.3
Rumusan
Masalah …………………………………………1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………...2
A.
Analisis
Validitas Prediktif ……………………………….2
B. Analisis
Validitas Isi …………………………………….3
C.
Analisis Reliabilitas
D.
Analisis Tingkat Kesukaran
E.
Analisis Daya Beda
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar
Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013
Kunci Jawaban Soal Ujian Akhir
Madrasah Berstandar Nasional
Jawaban Siswa Mts Negeri Kediri 2
Tabel Penelitian
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dalam dunia
pendididkan terutama dalam “Evaluasi Pembelajaran” ada beberapa aspek yang
harus diteliti. Aspek-aspek tersebut sangatlah penting karena mengingat suatu
soal dikatakan baik apabila memiliki ketepatan atau validitas yang baik. Di
samping ketepatan, soal juga dikatakan baik apabila memiliki keajegan atau
dalam evaluasi reliabilitas yang baik. Di samping validitas dan reliabilitas,
soal yang baik pasti harus bisa membedakan antara siswa yang pandai dengan
siswa yang kurang pandai. Selain itu soal yang baik, juga mempunyai tingkat
kesukaran yang baik pula.Untuk memperjelas pemahaman tentang aspek-aspek yang
harus diteliti di atas, maka kami mengadakan penelitian soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
Tahun Ajaran 2012/2013.
B.
Tujuan
Pembahasan
1.
Untuk
mengetahui validitas dalam analisis butir soal pilihan ganda.
2.
Untuk
mengetahui reliabilitas dalam analisis butir soal pilihan ganda.
3.
Untuk
mengetahui taraf kesukaran dalam analisis butir soal pilihan ganda.
4.
Untuk
mengetahui daya beda dalam analisis butir soal pilihan ganda
C.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimanakah
cara menganalisis validitas dalam butir soal pilihan ganda?
2.
Bagaimanakah
cara menganalisis reliabilitas dalam butir soal pilihan ganda?
3.
Baimanakah
cara menganalisis taraf kesukaran dalam butir soal pilihan ganda?
4.
Bagaimanakah
cara menganalisis daya beda dalam butir soal pilihan ganda.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Analisis Validitas Prediktif
Suatu tes dikatakan baik apabila memenuhi beberapa kriteria yang
telah ditentukan. Salah satu kriteria tersebut yakni validitas. Banyak kalangan
yang ambigu dengan makna validitas dan valid. Validitas hakikatnya yakni kata
benda yang berarti “ketepatan”. Sedangkan valid hakikatnya kata sifat yang
berarti tepat. Suatu tes dikatakan mempunyai validitas yang tinggi bila
ketepatan data yang diperoleh sama atau tepat dengan data yang diteliti atau
dengan kata lain sesuai dengan kenyataan. Dari sedikit uraian namun jelas di
atas, kami mengadakan penelitian tentang validitas soal pilihan ganda yang
hasilnya sebagai berikut:
Lihat tabel 1
Dari tabel analisis validitas di atas, kita dapat melihat
bahwasanya validitas per butir soal pilihan ganda spesialnya soal Ujian Akhir
Nasional Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 tampak berbeda atau
dapat dikatakan masing-masing per butir soal mempunyai validitas
sendiri-sendiri. Mulai soal no.1 sampai soal no.5 hasil validitasnya 1 yang
penafsirannya tampak warna merah yang mengindikasikan bahwasanya soal sangat
tinggi ketepatannya.
Sedangkan soal no.6, 17, 18, 27, 43 dan 46 hasil validitasnya
menunjukkan kisaran 0,4 – 0,6 yang penafsirannya dari tabel tersebut berwarna
biru tua yang mengindikasikan ketepatan soal tersebut cukup. Sedangkan soal no.
7, 9, 13, 19, 24, 26, 28, 33, 34, 36, 38, 39 dan no. 47 hasil validitasnya
menunjukkan kisaran 0,0 – 0,2 yang
penafsirannya dari tabel tersebut berwarna putih yang mengindikasikan
bahwasanya ketepatan soal tersebut sangat rendah. Sedangkan soal no. 11,14, 15,
20, 23, 42, 44, 45,48, 49 dan 50 hasil
validitasnya menunjukkan kisaran antara 0,2 - 0,4 yang penafsiran dari tabel
tersebut berwarna merah muda yang mengindikasikan ketepatan soal tersebut
rendah. Sedangkan soal no. 29, 30 dan no.32 validitasnya menunjukkan kisaran
0,6 – 0,8 yang penafsirannya pada tabel tersebut berwarna kuning yang
mengindikasikan bahwasanya ketepatan soal tersebut tinggi.
B.
Analisis Validitas Isi
Untuk menganalisis
validitas isi, maka diperlukan kesesuaian soal dengan standar kompetensi
kelulusan apakah telah memenuhi indikator yang telah tercantum dalam Standar
Kompetensi Kelulusan. Lihatlah tabel analisis validitas isi sebagai berikut:
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI KELULUSAN
|
INDIKATOR
|
KRITIK
DAN SARAN
|
1
|
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frase, dan
kalimat tentang ta’aruf dengan tanda baca yang tepat.
|
Disajikan dialog
melengkapi dialog dengan ungkapan yang tepat.
|
Soal no.1
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
2
|
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana
tentang التعاروف dengan tepat menggunakan kata sapaan (القاء التحياة) ,
kata ganti tunggal( اسم للمفرد الضمير) , kata tunjuk
(اسم
الأشارة) dan kata depan (ادوات الجر)
|
Menetukan kalimat tanya yang tepat tentang ta’aruf
|
Soal no.2
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
3
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana meliputi kata sapaan (القاء
التحياة), kata ganti tunggal
(اسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (اسم الأشارة), kata depan (ادوات
الجر) dan kata sifat (النعت)
termasuk warna
|
Menentukan isim dhamir yang tepat
|
Soal no.3
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
4
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana
tentang ”مدرستي”
dengan tepat dan benar
|
Menentukan kata sifat yang tepat tentang ادوات مدرسية
|
Soal no.4
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
5
|
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, dan kalimat
tentang
” مدرستي”dengan tanda baca yang tepat
|
Menentukan syakal yang tepat dari kalimat yang disediakan
|
Soal no.5
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
6
|
Mengungkapkan informasi / gagasan secara tertulis dalam kalimat
sederhana tentang ” مدرستي” dengan menggunakan kata sapaan (القاء التحياة),
kata ganti tunggal (اسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (اسم
الأشارة), kata depan (ادوات الجر),
kata sifat (النعت)
termasuk warna
|
Menentukan ادوات الجر yang
tepat
Menerjemahkan tentang warna dengan tepat
|
Soal no.6
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
7
|
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frase dan
kalimat tentang بيت dengan tanda baca yang tepat
|
Melengkapi kalimat dengan tepat
|
Soal no.7
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
8
|
Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيت dengan menggunakan kalimat
berstruktur صفة+ خبر مقدم+مبتداء مؤخر/نعت
|
Disajikan kata-kata acak, menyusun kata tersebut menjadi kalimat
yang tepat
|
Soal no.8
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
9
|
Menulis tentang بيتي dengan menggunakan media gambar/ alat
peraga gambar/foto yang dilihat dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم+مبتداء
مؤخر/نعت
|
Disajikan gambar, menetukan kalimat yang sesuai dengan gambar
tersebut
|
Soal no.9
Soal kurang bagus atau kurang tepat karena tidak sesuai dengan
Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya soal disesuaikan dengan
Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
|
10
|
Mengidentifikasikan kata, frase, atau kalimat sederhana dalam
wacana tertulis sederhana tentang أسرتي menggunakan
kalimat berstruktur mubtada’ dan khobar ( berupa kata
kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
|
Menentukan judul yang tepat tentang keluarga
Disajikan kalimat, menentukan status salah satu dari anggota
keluarga dengan tepat
|
Soal no.10 bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
11
|
Menemukan informasi umun dan atau rinci dari wacanma tulis
sederhana tentang اسرتي dengan menggunakan kalimat berstruktur mubtada’ dan khobar ( berupa kata
kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
|
Menyebutkan informasi tersirat dari wacana yang disediakan
Menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat
|
Soal no.11
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
12
|
Menulis paragraf sederhana
tentang اسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur
mubtada’ dan khobar (
berupa kata kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
|
Disajikan dialog rumpang, melengkapi dengan kalimat tanya
tentang
|
Soal no.12
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
13
|
Menulis cerita sederhana tentang اسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstrukturmubtada’ dan khobar ( berupa kata
kerja/ fi’il mudhari’ mufrad )
|
Disajikan gambar tentang kegiatan keluarga, menetukan fi’il
mudhari’ yang tepat
|
Soal no.13
Soal kurang bagus atau kurang tepat karena tidak sesuai dengan
Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya soal disesuaikan dengan
Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku
|
14
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
|
Disajikan dialog rumpang, melengkapi dengan kalimat tanya
tentang العنوان
|
Soal no.1
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar komopetensi
Kelulusan yang berlaku sehingga ketepatan isi sola ini kurang tepat.
Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang
berlaku.
|
15
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
tentang sebuah lokasi/ alamat
|
Menyebutkan nomor rumah dengan bahasa Arab
|
Soal no.15
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang berlaku sehingga ketepatan isi soal ini kurang begitu tepat.
Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang
berlaku
|
16
|
Mengidentifikasikan kata, frase, atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
|
Menerjemahkan nomor telpon ke dalam bahasa Arab
|
Soal no.16
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
17
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis
sederhana tentang sebuah lokasi atau alamat
|
Menentukan jawaban atas pertanyaan اين dengan tepat
|
Soal no.17
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi soal kurang begitu tepat.
Sebaiknya isi soal ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang
berlaku
|
18
|
Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis
tentang kegiatan di sekolah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
|
Menentukan fi’il
mudhari’ dengan tepat
|
Soal no.18
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi kurang begitu bagus. Untuk
itu, isi soal ini disesuiakan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
|
19
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis
sederhana tentang
انشطي في المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah
ismiyah (mubtada’+ khabar + maf’ul bih)
|
Disajikan bacaan, menjawab sesuai isi jawaban
|
Soal no.19
Kurang begitu bagus karena
tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya
disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
|
20
|
Menulis paragraf sederhana
tentang انشطتي في البيت menggunakan struktur kalimat terdiri dari mubtada’+ khabar+maf’ul
bih (jumlah ismiyah)
|
Menentukan mubtada’ yang tepat dari kalimat yang
disediakan
|
Soal no.20
Kurang begitu bagus karena
tidak sesuai dengan Standar kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya
disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
|
21
|
Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan menggunakan struktur
kalimat mubtada’+khabar+ maf’ul bih (jumlah ismiyah)
|
Menentukan khabar’ yang tepat dari kalimat yang
disediakan
|
Soal no.21
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
22
|
Menulis paragraph sederhana tentang
انشطتي في البيت dengan menggunakan struktur kalimat terdiri
jumlah
fi’liyah
|
Menentukan fi’il mudhari’ dalam jumlah fi’liyah dengan tepat
|
Soal no.22
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi kelulusan
|
23
|
Menulis kegiatan siswa di madrasah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri jumlah
fi’liyah
|
Disajikan kalimat ismiyyah, menentukan perubahannya
menjadi kalimat fi’liyyah
|
Soal no.23
Soal kurang bagus karena tidak sesuai dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sehingga ketepatan isi kurang tepat. Untuk itu, soal
ini disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang ada
|
24
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
fi’liyah
|
Disajikan beberapa
kalimat acak dengan menentukan urutan jadwal kegiatan di rumah dengan benar
|
Soal no.24
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
25
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis
sederhana tentang انشطتي في البيت dengan kalimat berstruktur: jumlah
fi’liyah
|
Menentukan terjemahan dengan menggunakan struktur jumlah fi’liyyah
|
Soal no.25
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
26
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis tentang hobi dengan kalimat berstruktur fi’il mudhari’+ mashdar
sharih
|
Disajikan paragraph sederhana, menentukan tema/ judul
dari paragraph tersebut
|
Soal no.26
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
27
|
Menemukan informasi umum atau rinci dari wacana tertulis
sederhana tentang hiwayah dengan menggunakan fi’il mudhari’ + mashdar
sharih
|
Menentukan jawaban pertanyaan sesuai isi bacaan
|
Soal no.27
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
28
|
Menulis paragraf sederhana tentang الهواية dari beberapa teman sekelasnya
|
Disajikan jawaban tentang hobi, bertanya tentang jenis hobi yang
lebih disukai temannya
|
Soal no.28
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
29
|
Menulis beberapa الهواية yang
disenangi
|
Melengkapi kalimat rumpang yang disediakan menjadi kalimat
sempurna
|
Soal no.29
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
30
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’ dan masdar muawwal dan kata an,
lan dan li
|
Disajikan gambar tentang profesi, menentukan kalimat yang sesuai
dengan gambar
|
Soal no.30
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
31
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis
sederhana tentang المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’ dan masdar muawwal dan kata an,
lan dan li
|
Disajikan kalimat, menentukan jenis profesi
|
Soal no.31
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
32
|
Menulis paragraph sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’ dan masdar muawwal dan kata an,
lan dan li
|
Disajikan kalimat rumpang, menentukan huruf nasab yang
tepat
|
Soal no.32
Soal cukup bagus dengan memenuhi Standar Kompetensi Kelulusan
yang ada, namun soal ini kurang begitu tepat dikarenakan tidak sesuai dengan indikator
|
33
|
Menulis profesi anggota keluarga siswa
Menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari’ dan masdar muawwal dan kata an,
lan,li
|
Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab,
menentukan arakat yang tepat
Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab, menentukan
harakat yang tepat
|
Soal no.33
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
34
|
Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis
sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fi’il madhi
dasar dan kata laa nafi dan laa
nahiyah dan struktur jumlah idhafah
|
Disajikan paragraph sederhana, menentukan lawan kata (antonym)
yang tepat
disajikan paragraph sederhana, menentukan tema/ judul dari
paragraph tersebut
|
Soal no.34
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
35
|
Menemukan
informasi dan atau rinci dari wacana tulis tentang kegiatan keagamaan dengan
menggunanakan fi’il madhi dasar atau kata laa nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhafah
|
Disajikan hari besar Islam tertentu, menentukan tanggal/ bulan
yang tepat
Disajikan kalimat tentang kegiatan keagamaan di madrasah,
menentukan jabatan panitia tersebut
|
Soal no.35
bagus sudah sesuai dengan
Standar Kompetensi kelulusan
|
36
|
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan keagamaan di
daerahnya masing-masing dengan menggunakan fi’il madhi dan atau kata lam nafi dan laa
nahiyah dan struktur jumlah idhafah
|
Disajikan kata-kata acak, menentukan kalimat yang tepat tentang
kegiatan keagamaan
|
Soal no.36
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
37
|
Menulis pengalaman menarik dalam suatu kegiatan keagamaan di madrasah
dengan menggunakan fi’il madhi
|
Disajikan kalimat rumpang melengkapi dengan fi’il madhi dengan tepat
Disajikan kalimat rumpang menentukan fail yang sesuai
dengan fi’il madhi fi’il madhi yang disediakan
|
Soal no.37
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
38
|
Menulis paragraf sederhana tentang macam-macam kegiatan keagamaan
umat Islam
|
Disajikan kalimat acak, menentukan susunan kalimat ang tepat
|
Soal no.38
Kurang begitu tepat karena tidak sesuai dengan Standar kompetensi
Kelulusan yang berlaku, sebaiknya disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada
|
39
|
Mengidentifikasikan kata, frase atau kalimat dalam wacana
tertulis sederhana tentang رحلة تروحية / berwisata) yang menggunakan fi’il
mujarrod dan mazid, isim maushul, isim tafdhil dan fi’il
ta’ajubbiyah
|
Disajikan kalimat tentang berwisata, menentukan jawaban yang
tepat
|
Soal no.39
Soal cukup bagus sesuai dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang
berlaku namun ketepatannya kurang tepat disebabkan tingkat kesukaran mufrodat,
sebaiknya di samping sesuai dengan Standar Kompetensi yang ada tetapi juga
menyesuaikan mufrodatnya.
|
40
|
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tertulis
tentang lingkungan sekitar kita
|
Disajikan kalimat sederhana tentang lingkungan sekitar,
menetukan salah satu makna kata pada kalimat yang disediakan
|
-Soal no.40
bagus sudah sesuai dengan Standar
Kompetensi kelulusan
-Soal no.47
Cukup bagus, telah memenuhi
Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal
memakai mufodat yang lebih mudah
|
41
|
Menulis paragraf sederhana
tentang lingkungan sekitar kita dengan menggunakan fi’il mujarrod dan
mazid, isim maushul, isim tafdhil dan fi’il ta’ajubbiyah
|
Menentukan isim
maushul yang tepat
Menentukan isim
tafdhil yang tepat
|
-Soal no.41
bagus sudah sesuai dengan Standar Kompetensi
kelulusan
-Soal no.48
Cukup bagus, telah memenuhi
Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal
memakai mufodat yang lebih mudah
-Soal no.49,43,46
Cukup bagus, telah memenuhi
Standar kompetensi Kelulusan, namun ketepatannya kurang, sebaiknya soal
memakai mufodat yang lebih mudah
|
42
|
Menulis deskriptif tentang pemandangan alam sekitar dengan bahasa
santun dan berpedoman pada pemilihan kata, keefektifan dan keterpaduan
kalimat
|
Disajikan kalimat rumpang pemandangan alam sekitar, melengkapi
dengan kata-kata yang tepat
|
-Soal no.42, 44,45,47
Kurang tepat karena tidak sesuai
dengan Standar Kompetensi Kelulusan yang berlaku, sebaiknya penyusunan soal
disesuaikan dengan indikator yang tertera dalam Standar Kompetensi Kelulusan.
-Soal no.50
Kurang begitu tepat dengan Standar
Kompetensi Kelulusan, sebaiknya soal disesuaikan dengan Standar Kompetensi
yang berlaku.
|
C.
Analisis Reliabilitas
Suatu tes juga dapat dikatakan bagus jikalau reliable atau ajeg.
Banyak kalangan yang ambigu dengan makna kata “reliable” dan “reliabilitas”.
Perlu diketahui bahwasanya dua istilah tersebut berbeda. Hakikat dari keduanya
yakni:
Reliabel merupakan kata sifat yang bermakna “ajeg”. Sedangkan
reliabilitas merupakan kata benda yang bermakna “keajegan”. Suatu tes dapat
dikatakan mempunyai reliabilitas yang tinggi jikalau tes yang diberikan pada
tes pertama dan tes kedua menunjukkan keajegan. Artinya anak yang pandai pada tes pertama menduduki
peringkat atas dan anak yang kurang pandai menduduki peringkat bawah, begitu
juga pada tes berikunya menunjukkan hasil yang sama.
Perlu diketahui juga, untuk menganalisis reliabilitas berbeda
dengan analisis validitas. Untuk menganalisis validitas, yang dianalisis per butir
soalnya, akan tetapi untuk menganalisis
reliabilitas yang dianalisis keseluruhan soal sehingga lebih memudahkan kita
dalam menghitungnya. Untuk menghitung reliabilitas soal pilihan ganda, dapat
memakai rumus Kuder dan Richardson
atau yang lebih dikenal “K-R. 20”. Sedangkan untuk menghitung reliabilitas soal
pilihan ganda dan essay dari sebuah soal dapat menggunakan rumus Kuder dan
Richardson atau yang lebih dikenal “K-R 21”.
n – 1 S2
Lihat tabel 1
Dari tabel tersebut tampak bahwa reliabilitasnya menunjukkan angka
0,69. Hal ini mengindikasikan bahwasanya reliabilitas keseluruhan soal tersebut
tinggi karena mendekati angka 1,00. Semakin mendekati angka 1,00 maka
reliabilitasnya semakin tinggi dan sebaliknya semakin mendekati 0,00 maka
reliabilitasnya semakin rendah. Perlu diketahui rentangan reliabilitas yakni
kisaran angka 0,00 – 1,00.
D.
Analisis Daya Pembeda
Daya
pembeda adalah kemampuan sesuatu soal untuk membedakan antara siswa yang pandai
(berkemampuan tinggi) dengan siswa yang kurang pandai (berkemampuan rendah).
Untuk
mengetahui daya pembeda tersebut ada rentangan yang harus diketahui.
Rentangannya sebagai berikut:
daya pembeda daya pembeda daya pembeda
negatif rendah tinggi (positif)
Lebih jelasnya, lihatlah hasil
analisis daya pembeda kami, sebagai berikut:
Lihat tabel 2
Dari
hasil analisis di atas, daya pembeda menunjukkan nilai 0,00 karena jumlah
kelompok atas (upper) yang menjawab benar sama dengan jumlah kelompok bawah (lower), sehingga
menunjukkan soal tersebut jelek. Dan di sana tampak soal cukup baik karena daya
pembedanya berkisar 0,21 – 0,40. Dan dikatakan soal baik karena daya pembedanya
berkisar 0,41 – 0,70. Dan begitu juga soal dikatakan sangat baik karena daya
pembedanya menunjukkan kisaran nilai 0,71 – 1,00. Namun, dari keseluruhan soal
tersebut juga ditemukan soal lebih baik dibuang karena daya pembedanya
menunjukkan nilai – (min) yang mengindikasikan bahwa soal tersebut terbalik
yang berarti kelompok atas (upper) yang menjawab benar lebih sedikit
dibandingkan kelompok bawah (lower) yang menjawab benar.
E.
Analisis Tingkat Kesukaran
Soal
yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. Soal
yang terlalu mudah tidak merangsang siswa untuk mempertinggi usaha
memecahkannya. Sebaliknya soal yang terlalu sukar akan menyebabkan siswa menjadi
putus asa dan tidak mempunyain semangat untuk mencoba lagi karena di luar
jangkauannya.
Bilangan
yang menunjukkan sukar dan mudahnya suatu soal disebut indeks kesukaran. Besarnya indeks tingkat kesukaran
antara 0.00 sampai 1,00. Indeks kesukaran ini menunjukkan taraf kesukaran soal.
Lebih jelasnya lihatlah hasil analisis tingkat kesukaran sebagai
beriku:
Lihat tabel 2
Dari tabel tersebut
tampak soal no.1 sampai no.13 dan soal no.15 sampai soal no.18, soal no.20
sampai no.22 dan soal no.25 sampai no.37, soal no. 39 sampai no.41, 44 serta
no. 45 tingkat kesukarannya menunjukkan nilai 0,71- 1,00 yang penafsirannya
pada tabel tersebut berwarna merah muda yang berarti soal tersebut tergolong
mudah.
Dan soal yang penafsirannya pada tabel tingkat kesukaran berwarna
kuning mengindikasikasikan soal tersebut sedang. Sedangkan yang berwarna biru
mengindikasikan bahwasanya soal tersebut tergolong sulit.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.
Analisis
Validitas yakni analisis ketepatan soal baik yang bersifat prediktif maupun
ketepatan isi soal tersebut yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi
Kelulusan yang ada.
2.
Analisis
Reliabilitas yakni analisis atau penelitian terhadap soal secara keseluruhan
guna mengetahui kereliabelan suatu soal.
3.
Analisis
Tingkat Kesukaran yakni penelitian terhadap suatu soal secara perbutir guna
mengetahui taraf kesukaran suatu soal.
4.
Analisis
Daya Beda yakni penelitian terhadap suatu soal secara perbutir guna mengetahui
kemampuan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.
Comments (0)
Posting Komentar