Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs. Sunan Ampel
Nama Guru : Vivi Ekayanti
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tema :
يوميتنا في
البيت
Maharoh : Qira’ah
Pembelajaran ke : -
Waktu
:
3
JP
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi
internal untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan dari teks deskriptif
tentang يوميتنا في
البيت
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon mengucapkan dan merespon tentang يوميتنا في البيت
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
1.
Siswa mampu membaca qiro’ah dengan fashih dan intonasi
yang baik dan benar.
2. Siswa mengenali makna mufrodat baru yang
ditemukan dalam wacana.
3. Siswa mampu menemukan ide pokok wacana
yang dibaca.
4. Siswa dapat menjelaskan isi wacana yang
terdapat dalam Qira’ah.
D. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu menemukan mufrodat baru dalam wacana.
- Siswa mampu menganalisis makna mufrodat baru per paragraf dengan benar.
- Siswa mampu menterjemahkan wacana dengan baik dan
benar.
- Siswa mampu menyimpulkan wacana dengan tanggung
jawab.
E. Materi Ajar
F. Alokasi
Waktu
3 X 40 menit
F. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik
(Scientific).
Metode:
Diskusi (Discussion ).dan Percobaan (Membaca Teks).
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru bersama peseta didik melakukan senam otak
untuk mengkondisikan agar semua siap belajar.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup
materi yang akan dipelajari, yaitu يوميتنا في البيت
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik membaca dalam hati cerita atau
informasi dalam wacana.
·
Peserta didik diminta membentuk kelompok.
·
Guru memberikan pertanyaan tertulis terkait
cerita bacaan yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi kosa kata baru dalam wacana.
·
Peserta didik diminta memaknai kosa kata baru
yang ditemukan dengan berdiskusi kelompok.
·
Masing-masing kelompok diminta untuk
membacakan wacana di depan kelas.
|
30
menit
|
|
·
Masing-masing kelompok membacakan makna dari
mufrodat baru yang ditemukan.
·
Kelompok yang lain menanggapi presentasi
kelompok di depan.
|
30 menit
|
|
·
Guru mengamati jalannya diskusi kelas,
mengamati keaktifan serta menengahi
jalannya diskusi.
·
Guru membenarkan makna mufrodat baru yang
ditemukan siswa serta memberikan makna mufrodat baru yang sulit yang
ditemukan siswa.
·
Guru memberikan ulasan bacaan yang didiskusikan
serta menerjemahkannya.
|
30
menit
|
Penutup
|
· Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
· Guru
memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
· Salam dan
doa penutup.
|
20 menit
|
H. Penilaian
1.
Penilaian: Observasi (Pengamatan) “maharoh qiro’ah”
Lembar observasi/pengamatan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum Terlihat (ü)
|
1.
|
Kemampuan
membaca dengan fashih
|
|
|
2.
|
Pengetahuan
mufrodat baru
|
|
|
3.
|
Keaktifan
siswa dalam diskusi
|
|
|
2. Penilaian unjuk kerja
Lembar penilaian unjuk kerja
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
1.
|
Kelancaran
|
Siswa mampu membaca dengan lancar.
|
Siswa mampu membaca dengan lancar, namun kurang
memahami kaidah Qawa’id dengan benar
|
Siswa kurang bisa membaca dengan lancar
|
Siswa belum bisa membaca dengan lancar
|
2.
|
Volume Suara
|
Siswa mampu membaca dengan volume suara yang dapat
didengar semua siswa di kelas
|
Siswa mampu membaca dengan volume suara yang
ditentukan, namun kurang bisa didengar dengan semua siswa di kelas
|
Siswa kurang bisa membaca dengan volume suara yang
dapat didengar semua siswa di kelas
|
Siswa belum mampu membaca dengan volume suara yang
dapat didengar semua siswa di kelas
|
3.
|
Kefashihan
|
Siswa membaca dengan fashih.
|
Siswa mampu membaca dengan fashih, namun kurang
jelas didengarkan
|
Siswa kurang fashih membaca
|
Siswa belum fashih membaca
|
4.
|
Keaktifan
|
Siswa aktif dalam diskusi kelas
|
Siswa aktif dalam diskusi kelas, namun kurang menguasai
materi
|
Siswa kurang aktif dalam diskusi kelas
|
Siswa belum aktif dalam diskusi kelas
|
5.
|
Keberanian berpendapat
|
Siswa berani berpendapat dengan tepat
|
Siswa berani berpendapat namun kurang tepat
|
Siswa kurang berani dalam berpendapat
|
Siswa belum berani berpendapat
|
6.
|
Kerjasama Kelompok
|
Siswa kompak bekerjasama dalam kelompok
|
Siswa kompak bekerjasama namun kurang
Memahami bacaan
|
Siswa kurang kompak dalam kerjasama kelompok
|
Siswa belum kompak dalam kerjasama kelompok
|
I.
Sumber dan Media Pembelajaran
Terlampir
J.
Materi Pembelajaran
Terlampir
K. Lembar Kerja
Siswa
Terlampir
Surabaya, 9 Maret 2014,
Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru
Kelas Bahasa Arab,
Dr. Eni Purwati, M.Ag Vivi
Ekayanti, S. Pd I
Lampiran
Sumber Pembelajaran
-
Kamus Munawir Arab Indonesia
-
LKS Bahasa Arab kelas VIII Semester Ganjil
Media
Pembelajaran
-
Kertas
-
Bolpoint
-
Spidol
-
Papan Tulis
-
Lap top
-
LCD
-
Proyektor
Materi Pembelajaran
اقرأ مايلي قرأة جيدة !
يستيقظ
سليمان يوم الجمعة مبكرا في الساعة الرابعة و النصف صباحا. يتوضأ سليمان ثم يصلى
الصبحى و يقرأ القران الكريم. في الساعة السابعة يتناول الفطور مع عائلته.
بعد
الفطور يقرأ سليمان الجريدة. وفي الظهر يذهب إلى الحمام ويغسل بالماء والصابون.
بعد ذلك يتوضأ سليمان ثم يذهب مع والده إلى المسجد لصلاة الجمعة. في المسجد يستمع
سليمان إلى خطبتي الإمام ثم يصلى الجمعة. في العصر يزور سليمان أصدقاءه ويلعب معهم
كرة السلة.
بعد
صلاة المغرب تجلس العائلة في الحديقة و تتناول بعض العصر و الشاي. في المساء يراجع
سليمان دروسه يشاهد مباراة كرة القدم في التلفزيون. ينام سليمان يوم الجمعة
متأخراً في الساعة الحادية عشرة ليلاً.
Lembar Kerja Siswa
1. يستيقظ سليمان يوم
......مبكرًا.
2. يتوضأ سليمان ثم .....الصبح و
..... ..... الكريمَ.
3. في
.... يستمع سليمان إلى ..... الإمام.
4. في
العصر يزور سليمان .... ويلعب معهم كرة. ......
5
......سليمان دروسه ثم .... كرة القدم في .....
ب.اكتب حرف (ص) اذا كانت العبارة موافقة للقراءة السابقة, وحرف (خ)
اذا كانت غير موافقة !
1.
يستيقظ سليمان في الساعة الخامسة صباحا ( ..... )
2.يتوضأسليمان
ثم يقرأ القران الكريم ( ..... )
3.في
الساعة التاسعة يتناول الفطور مع عائلته ( ..... )
4.
لا يقرأ سليمان الجريدة بعد الفطور ( ..... )
5.وفي
الظهر سليمان يذهب إلى الحمام ليغتسل
( ..... )
- أجب عن الأسئلة الاتية وقفا لما ورد في القراءة السابقة !
1.
متى يستيقظ سليمان يوم الجمعة ؟
2.
ماذا يفعل سليمان بعد استيقاظه من النوم ؟
3.
ماذا يعمل سليمان في الحمام ؟
4.
ماذا يعمل سليمان في العصر ؟
Comments (0)
Posting Komentar