الباب الاول
مقدمة
أ.
خلفية البحث
اللغة
هي وسيلة التعبير عما خطره الإنسان في أفكاره ووسيلة الإتصال والتفاهم بين الناس
فردا أو جماعة. كسائر اللغات الأخرى في هذه الحياة الدنيوية، إن اللغة العربية
دورهم التعلم. كما عرفنا إن كثيرا من العلوم الإسلامية كالعلوم الدينية
والاقتصادية والحضارة والفلسفة مكتوبة باللغة العربية
.[1]
اللغة
العربية هي اللغة المشهورة في العالم التي يستخدمها أكثر من مائتين مليون إنسان، وتستخدمها
رسميا أكثر من عشرين بلدا في العالم. حتى تكون اللغة العربية الآن من إحدى اللغات الموجودة
في هذا العالم لتطورها لا يتعلمها العربيُّ فقط، بل الأعجميُّ يتعلمونها ويفهمونها
ويحتاجون إليها أيضا.
قد
تطور تطبيق تعليم اللغة العربية بإندونيسية في قديم
الزمان، بل تعلّم اللغة العربية له مشاكل لحدّ الآن،
هي مهنة المدرس والمادة والطريقة الابتكارية والمنهج وإدارة اللغة العربية،
حتى يحتاج إلى التصاميم الجديدة من قبل تنمِية النموذج والخطوة والأسلوب والطريقة
والابتكارية والأفكار الأخرى.
لا
يصير تعليم اللغة العربية ليتمكن من قراءة القرآن فقط. بل تعليم اللغة العربية
يجب أن يردَّ إلى الوظيفة الأولى في
اللغة يعنى الألة الاتّصالية، أمّا الاتصال باللسان
و إما بالكتابة كقراءة القرآن وفهم معانيه أيضا. الاتصال باللسان يضُمُّ ناحِيَتَيْنِ
يعنى استماع وكلام أمّا الاتّصال بالكتاب فيضمّ
على ناحيتَيْنِ أيضا يعنى كتابة وقراءة. وعلى ذلك، تعلّم اللغة العربية لرفع
إمكانية اللغة العربية المحترفة في كل ناحية اللغة العربيّة.
تشتمل
اللغة العربية على فنون أربعة هي الاستماع والكلام والقراءة والكتابة. وتسمى هذه
الفنون الأربعة "بمهارة اللغة" في أوّل مرّة تعلمنا مهارة القراءة
والكتابة،
كما قال على خورى للكتابة،
أمّا البدء بالقراءة والكتابة فإنه يؤخر تعلم القراءة لكتابة فقد يجعل تعلمها صعبا،
ولا شك أن تدريس الاستماع والكلام يحتاج إلى تدريبات الأذن وتدريبات النطق
والمحاكاة.[2]
إنّ
اللّغة العربية هي لغة المسلمين التى نستخدمها في
حياتنا كل اليوم والمكان كاللّغة الإندونيسية، اللّغة العربية هي اللّغة الأجنبية للإندونيسيين
التى لايسهل تعليمها والتعمق فيها. كان في
هذه الزمان أكثرُ التلاميذ والتلميذات المتخرجين من المدرسة الإسلامية الرسمية هم
يضعفون في اللّغة العربية خاصة الضعف في قراءة النصوص العربية وتفهيمها. لايحصل تعليم
اللغة العربية على المدرسة ( مدنيّ أو حكوميّة) لعوامله. منهم تعليم اللغة العربية
التى له الانتاج، وابتكارى، إبْداعى، وفعّال، وتفريح، وغير مناسب بحاجة (المعيشة) من
يتعلمها فلا يحبون قراءة اللغة العربية
والكلام بها لأنهم لا يملكون المفردات ولا يفعلون شيئا من اللغة العربية إلا إذا
دفعهم المعلم.
في
الواقع، كثير من الطلاب لايقدرون على فهم
اللغة العربية خصوصا في مهارة القراءة، بعضهم متخرجون من المدرسة الابتدائية
الحكومية لأنهم في الفصل القديم ليست اللغة العربية و يشعر الطلاب اللغة العربية
هي الحصة الجديدة، فلابد لمعلم اللغة أن يختار نوع
تعليمها الصحيح ليشاركوا في تعليم اللغة العربية مشاركة إيجابية.
بناء
على المسائل السابقة فكتبت الباحثة تحت الموضوع "فعالية تطبيق لعبة
الجدار الكلامى في ترقية فهم المقروء للتلاميذ في الفصل الثامن (ب) بمدرسة
"الواحد" المتوسطة رونكوت - سورابايا".
ب.
قضايا البحث
وأما
القضايا التى تبحث عنها الباحثة فهي:
·
كيف
تطبيق لعبة الجدار
الكلامى (Dinding Berbicara) في
تعليم اللغة العربية في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت - سورابايا؟
·
كيف
كفاءة التلاميذ في فهم المقروء في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت - سورابايا؟
·
كيف
فعالية تطبيق لعبة
الجدار الكلامى (Dinding Berbicara) لترقية فهم المقروء في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت - سورابايا؟
ج.
أهداف البحث
أما
أهداف الباحثة في
هذا البحث فهي:
1.
لمعرفة
تطبيق لعبة الجدار
الكلامى (Dinding Berbicara) في
تعليم اللغة العربية في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت – سورابايا.
2.
لمعرفة
كفاءة التلاميذ في فهم المقروء في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت – سورابايا.
3.
لمعرفة
فعالية عن تطبيق لعبة
الجدار الكلامى (Dinding Berbicara) لترقية فهم المقروء التلاميذ
في الفصل الثامن
(ب) بمدرسة "الواحد" المتوسطة رونكوت – سورابايا.
د. منافع البحث
أما
منافع البحث العلمي فكما يلي:
1.
للباحثة،
لأداء الوظيفة للحصول على درجة (S.Pd.I).
2.
للمدرسة،
زيادة الاختبارات عن أهمية تعليم اللغة العربية بلعبة الجدار
الكلامى في ترقية فهم المقروء في تعليمها.
3.
للعامة، زيادة العلوم والإختبارات للباحثة
كمراجع المدرسة في اختيار واستخدم اسلوب
التعليم اللغة العربية جيدا.
ه.
توضيح بعض المصطلحات
لابتعاد
الأخطاء في فهم هذا البحث العلمى ستشرح الباحثة عن المصطلحات المهمة كما يلى:
فعالية : هي متعلقة بالحاصل المقصود أما الفعال في استعمال
الوسيلة فيستطيع التلاميذ أن يفهموا اعلام الدراسة جيدا أم لا. أو أهذه الوسيلة
تستطيع أن تنال الحاصل الذي يسبب وجود التغيير لدى التلاميذ.[3]
ترقية : ترقية هي مصدر من رقي- يرقي – ترقية بمعنى رفعه
وصعده وقدمهه وحسنه.[6]
فهم المقروء : تصور
المعنى من المقروء، مثل من الكتاب أو من المجلات أو من الجريدة التي مكتوبة باللغة العربية.[7]
و.
فروض البحث
فروض البحث هي إجابة مقيّدة على مسألة البحث ومقرّرة بالبينات المجموعة. [8] وقال
سوهارسيمي أريكونطا أن فرضية البحث نوعان وهما :
1.
الفروض
البدلية (Ha)
دلّت
الفرضية أن فيها العلاقة بين متغير مستقلّ (Variabel x) ومتغير غير مستقل (Variabel y)
. والفرضية البدلية لهذا البحث هي : استخدام
لعبة
الجدار الكلامى يرقى فهم المقروء للتلاميذ
بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت - سورابايا.
2.
الفروض
الصفريّة (Ho)
دلّت الفرضية أنها
ليست فيها العلاقة بين متغير مستقل (Variabel x)
ومتغير غير مستقل (Variabel y).
والفرضية الصفرية لهذا البحث هي : استخدام لعبة الجدار
الكلامى لا يرقى فهم المقروء
للتلاميذ بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت - سورابايا.
ز.
طريقة البحث
1.
أنواع
طريقة البحث
كما
عرفنا بأن الطريقة البحث ينقسم إلى القسمين:
1)
الطريقة
الكمية (Kuantitatif)
طريقة
الكمية هي طريقة العملية في
نيل المعلومات باستعمال البيانات الرقمية كآلة في ايجاد البيانات عن الشيء المنشود.
2)
الطريقة
الكيفية (Kualitatif)
طريقة
الكيفية هي طريقة البحث التي ليس في وحدانها إجراءات الإحصاء أو تكوين حساب وأرقام
عددية.
فأما في هذاالبحث استخدمت الباحثة
"الطريقة الكمية" لأن طريقة هي العملية في نيل المعلومات باستخدام البيانات
الرقمية التى كانت في إيجاد البيان عن الشيء المنشود.
2.
مجتمع
البحث
مجتمع
البحث هو جميع الأفراد و الأشخاص في البحث. والمجتمع في هذا البحث يتكون من
التلاميذ في
الفصل الثامن (ب) بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت – سورابايا.
3.
عينة
البحث
عينة البحث هي بعض من مجتمع البحث الّذي يكون نائبا منه.[9] و
أما عينة البحث في هذا البحث هو جميع الطلاب في الفصل الثامن (ب) بمدرسة
"الواحد" المتوسطة رونكوت – سورابايا "33" طالبا. و أخذت الطريقة
العينة في هذا البحث هي العينة القصدية الطبقية (Purposive Sampling)
في هذا الفصل كالتجربي.
ح.
طريقة جمع البيانات
جمع
البيانات المتعلقة بما تحتاج اليه الباحثة في تأليف هذا البحث لا يستخدم طريقة
واحدة بل نستخدم طرائق موافقة، كما يلى :
1.
طريقة
الإستبيانات (Angket)
هي
طريقة لتقدم الأسئلة المكتوبة المستخدمة للحصول على الأجوبة المستعجلة.[10] تقدمت
الباحثة بالإستبيانات لتلاميذ في مدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت- سورابايا. وهذه
الطريقة تستخدم لجمع البيانات عن طرائق تعليم اللغة العربية.
2.
طريقة
الوثائق (Dokumentasi)
المراد
بها جمع البيانات من مصدرها المكتوب والكتب والمجلات والجرائد والوثائق وحضور
الاجتماع المذكرات وما إلى ذلك.[11]
استعملت الباحثة هذه الطريقة للحصول على البيانات والمعلومات عن أحوال المدرسة
وتاريخها وعدد المعلمين والتلاميذ في هذه المدرسة.
3.
طريقة
الإختبار (Tes)
فهي
الاختبار العادى الموجود في مؤسسة الإختبار المضموم صحيحة وهذ الإختبار قد اختبر
بشكل مستمر حتى يقال هذا جيد لتنفيذ هذه الطريقة يستعين معلمو اللغة العربية
لاختبار التلاميذ. استخدمت الباحثة هذه الطريقة لمعرفة فهم المقروء بمدرسة "الواحد"
المتوسطة رونكوت- سورابايا.
ط.
تحليل البيانات
تحليل البيانات هو احدى الطرائق لاجابة الأسئلة المستخدمة
في قضايا البحث. في هذه الفرصة قدمت الباحثة البيانات الكمية وهي البيانات من الأرقام
بالطريقة الإحصائية.[12]
أما الرموز المعادلة التى تستخدمها الباحثة فهي :
1.
رمز
المأوية (Prosentase)
رموز
المأوية (P) لتحليل البيانات عن الجدار الكلامى على
فهم المقروء بمدرسة "الواحد" المتوسطة رونكوت-
سورابايا. التي حصلت عليها الباحثة بطريقة
الاستبيانات وهي:
البيان:
P = النسبة
المأوية
F = تكرار
الأجوبة (Frekuensi)
أمّا التفسير
والتعيين في
تحليل البيانات
المجموعة وتحقيق
الإفتراض العلمي،
فتستخدم الباحثة المقدار
الذي قدمه
سوهارسيمي أريكونطا
فيما يلي:[14]
100%-76%
75%-56%
55%-40%
39%-10%
|
جيد
مقبول
ناقص
قبيح
|
2.
رمز
المقارنة (”T” tes )
تستخدم الباحثة هذا الرّمز لنيل
البيانات عن مقارنة كفائة التلاميذ بين الفرقة التّجربيّة في تدريس القراءة. إذا
كان بعد التحليل يوجد الفرق بين كفائة التلاميذ قبل تطبيق أسلوب لعبة الجدار
الكلامى و بعده فهذا يدلّ على أنّ الفرضية الصفريّة (Ho)
مردودة، بمعنى وجود تطبيق الأسلوب
لعبة الجدار الكلامى يرقى كفائة التلاميذ في فهم المقروء بمدرسة "الواحد" المتوسطة رونكوت- سورابايا، أو العكس إذا كان بعد
التحليل لا يوجد فرق بين كفائة التلاميذ
قبل تطبيق أسلوب
لعبة الجدار الكلامى و بعده فهذا يدلّ على أنّ الفرضيّة
الصفريّة (Ho)
مقبولة, بمعنى ليس هناك تطبيق
الأسلوب لعبة الجدار الكلامى في الفصل الثامن بمدرسة "الواحد" المتوسطة رونكوت-
سورابايا.
إنّ
عينة هذا البحث العلمي تعد العينة الصغيرة أو أقلّ من ثلاثين. وفي هذا البحث ما
فيه إرتباط بين المتغير(x) والمتغير(y) ، لأنّ هذا البحث العلمي يستخدم
فرقتين أو مصدرين. يقال "هناك إرتباطبين المتغيرين" إذا النتيجة التي
نحصل عليها من المصدر الثابت أو سواء.[15]
وأما
رمز المقارنة (Paired
“t” test)
للعينتين الكبيرتين
ولا إرتباطا بينهما،
فتستخدم
رمز فيما يلى:
|
إستخدمت الباحثة
برنامج SPSS Statistic 20 لتحليل البيانات عن نتيجة الإختيار.
ي.
خطة البحث
تسهيلا
لإطلاع البحث العلمي ولإفادة، كانت في هذا البحث أربعة أبواب وهي كما يلى:
الباب الأول : في هذا الباب تقدم الباحثة مقدمة البحث، وتستخدم
فيه خلفية البحث وقضاياه وأهدافه ومنافعه وتوضيح بعض
مصطلحات وفروض البحث وطريقته
وخطته.
الباب الثاني : الدراسة
النظرية تتكون على فصلين:
الفصل الأول : يبحث عن تعريف لعبة الجدار
الكلامى “Dinding Berbicara”
واستخدامها
1. تعريف عن لعبة الجدار الكلامى.
2. خطوات العمل يلعب لعبة الجدار الكلامى.
3. الأهداف من تطبيق لعبة الجدار الكلامى.
4. فائدة الألعاب التعليمية.
5. مزايا والنقائص
لعبة الجدار الكلامى.
الفصل الثاني : فهم المقروء
1. تعريف فهم المقروء.
2. أهمية القراءة.
3. أهداف فهم المقروء.
4. انواع القراءة.
5. مبادئ قراءة بالفهم.
الباب الثالث : الدراسة
الميدانية تتكون على فصلين:
الفصل
الأول: لمحة المدرسة المتوسطة "الواحد"
الفصل
الثاني :
عرض البيانات وتحليلها يشتمل إلى:
1. تطبيق لعبة تعليم اللغة مع الجدار
الكلامى (Dinding Berbicara) بدراسة اللغة
العربية.
2. وجود فهم المقروء للتلاميذ في تعلم
اللغة العربية.
3. فعالية
تطبيق لعبة الجدار الكلامى (Dinding Berbicara) فى ترقية فهم المقروء
للتلاميذ.
الباب الرابع : الاختتام,
ويحتوى هذا الباب على الخلاصة والاقتراحات
Terjemahan
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bahasa
merupakan sarana ekspresi penyampaian ide-ide dan alat komunikasi sebagai
pemahaman di antara manusia, individu atau kelompok. Seperti semua bahasa lain,
dalam kehidupan duniawi ini, bahasa Arab berperan dalam pembelajaran. Seperti
yang kita tahu bahwa banyak ilmu-ilmu Islam seperti ilmu agama dan peradaban
dan filsafat ditulis dalam bahasa Arab.[1]
Bahasa Arab
adalah bahasa yang dikenal di dunia. Bahasa Arab digunakan oleh lebih dari 200
juta orang. Di dunia yang resmi menggunakan lebih dari 20 negara. Bahkan bahasa
Arab sekarang adalah salah satu bahasa di dunia yang dikembangkan selain bahasa
Inggris. Selain dikembangkan perlu kiranya kedua bahasa dipahami terutama
bahasa Arab.
Sesungguhnya
penerapan pengembangan bahasa Arab dengan menggunakan bahasa Indonesia telah
terjadi pada masa dahulu, namun saat ini
pengembangan bahasa Arab mengalami berbagai masalah, yaitu profesional guru, materi yang disampaikan, metode
yang digunakan, kurikulum dan manajemen bahasa Arab, yang membutuhkan desain
baru yang inovatif dan kreatif.
Pembelajaran bahasa Arab tidak hanya untuk dapat membaca
Al-Qur’an saja, melainkan sebagai fungsi utama dalam bahasa yakni sebagai alat
komunikasi, baik komunikasi lisan maupun tulisan seperti membaca Al-Qur’an dan
memahami maknanya juga. Komunikasi dengan lisan yakni menggabungkan dua sisi
yakni mendengar dan berbicara. Sedangkan komunikasi dengan tulisan, juga
menggabungkan dua sisi yakni menulis dan membaca. Fungsi yang lainnya,
pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab yang
profesional dalam setiap sisi bahasa Arab.
Bahasa Arab
mengandung empat kesenian, seni mendengar, berbicara, membaca dan menulis.
Empat kesenian ini disebut “empat kemampuan berbahasa”. Pada awal pembelajarannya,
kemampuan membaca dan menulislah yang diutamakan. Hal ini sesuai dengan
pendapat Ali Khuri dalam bukunya,”sesungguhnya awal pembelajaran bahasa dengan
membaca kemudian menulis, namun jikalau sebaliknya dirasa pembelajaran ini
menyulitkan. Dan tidak diragukan lagi, bahwasanya pembelajaran bahasa dengan
mendengar dan berbicara membutuhkan latihan mendengarkan dan latihan
pengucapan.[2]
Bahasa Arab
adalah bahasa kaum muslimin yang kita gunakan dalam kehidupan kita setiap hari
yang bertempat sebagai bahasa Indonesia, bahasa Arab adalah bahasa asing untuk
orang Indonesia yang tidak mudah untuk dipelajari dan diperdalam. Saat ini,
banyak siswa-siswi lulusan sekolah Islam
resmi dibuatkan pelajaran bahasa Arab
yang khusus dalam teks-teks Arab disertai cara membaca dan penjelasannya. Perlu
diketahui, bahwasanya pelajaran bahasa Arab tidak disesuaikan oleh sekolah
(sipil atau pemerintahan). Bahasa Arab mengajarkan pada mereka produksi,
inovatif, kreatif, dan efektif.
Kenyataannya,
banyak dari siswa-siswi yang tidak menguasai bahasa Arab khususnya kemampuan
membaca. Sebagian dari mereka lulusan dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri, dulu di
kelas mereka tidak ada bahasa Arab dan mereka merasa bahasa Arab merupakan mata
pelajaran yang baru, maka diharuskan untuk mempelajari bahasa dan memilih macam
pembelajarannya yang benar untuk berpartisipasi positif dalam pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan
masalah yang telah diuraikan di atas, maka di bawah ini judulnya “Efektifitas
Penerapan Permainan “Dinding Berbicara” Dalam Meningkatkan Pemahaman Maqro’ untuk Murid kelas VIII B di MTsN
1 Rungkut Surabaya.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan
masalah yang dibahas, yakni:
•
Bagaimana penerapan permainan “dinding berbicara” dalam
pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B di
MTsN 1 Rungkut
Surabaya?!
•
Bagaimana efisiensi siswa dalam pemahaman maqro’(apa yang telah
Dibaca)
di kelas VIII B MTsN 1 Rungkut Surabaya?
• Bagaimana efektifitas penerapan permainan “dinding berbicara”
dalam meningkatkan pemahaman maqro’ di kelas
VIII B MTsN 1
rungkut Surabaya?!
C.
Tujuan
Pembahasan
Adapun tujuan
pembahasan dari masalah ini yakni:
1.
Untuk
mengetahui penerapan permainan “dinding berbicara” dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B di
MTsN 1 Rungkut Surabaya.
2.
Untuk
mengetahui efisiensi siswa dalam
pemahaman apa yang telah dibaca di kelas VIII B MTsN 1 Rungkut Surabaya.
3.
Untuk
mengetahui efektifitas penerapan permainan “dinding berbicara” dalam
meningkatkan pemahaman maqro’ di
kelas VIII B MTsN 1 rungkut Surabaya.
D.
Manfaat
penelitian
Adapun manfaat
penelitiannya, yaitu:
1.
Untuk
peneliti, untuk melakukan suatu pekerjaan (S.Pd.I)
2.
Untuk
sekolah, menambah tes tentang pentingnya pengajaran bahasa Arab dengan
permainan “dinding berbicara” dalam meningkatkan pemahaman maqro’ .
3.
Untuk
umum, menambah wawasan dan pengalaman peneliti sebagai sumber sekolah dalam memilih dan menggunakan gaya
pengajaran bahasa Arab yang baik.
E.
Penjelasan
Istilah
Untuk
menghindari kesalahan dalam pemahaman karya tulis, maka akan dijelaskan beberapa
istilah. Istilah-istilah tersebut, yakni:
Efektif : berhubungan dengan penerima atau
penggunaan
yang efektif. Berarti siswa
mampu
memahami ilmu studi baik. Atau
ini
berarti Anda bisa mendapatkan
kecerdasan
yang menyebabkan perubahan
untuk murid.[3]
Aplikasi : sumber diterapkan
diterapkan untuk
menginduksi
atau alashkhash yang ingin
keberadaan.[4]
Dinding kata : salah satu metode untuk membaca.[5]
Penilaian : sumber pencakar langit-upgrade diangkat
dan Saada dan kaki dan baik. [6]
Pemahaman
Maqro’ : Bayangkan arti dari
membaca, seperti buku
atau
majalah atau koran yang ditulis dalam
bahasa Arab.[7]
F.
Hipotesis
Penelitian
Hipotesis
penelitian adalah jawaban sementara dari masalah yang diteliti dan ditetapkan
dengan bukti yang otentik.[8]
Menurut pendapat Suharsimi Arikunto, hipotesis penelitian dibagi menjadi dua
macam,yaitu:
1.
Hipotesis
Pengganti
Hipotesis ini
menunjukkan di dalamnya terdapat hubungan antara variabel x dengan variabel y.
Hipotesis pengganti dalam penelitian ini yakni penggunaan permainan “dinding
berbicara” dalam penilaian pemahaman maqro’ untuk siswa-siswi MTsN 1
Rungkut Surabaya.
2.
Hipotesis
Kosong
Hipotesis ini
menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel x dengan variabel y. Hipotesis
kosong dalam penelitian ini yakni penggunaan permainan “dinding berbicara” yang
tidak dalam meningkatkan pemahaman maqro’ untuk siswa-siswi MTsN 1 Rungkut
Surabaya.
G.
Metode
Penelitian
1.
Macam-macam
metode penelitian
Telah kita
ketahui bahwasanya metode penelitian dibagi menjadi dua, yaitu:
a.
Metode
Kuantitatif
Metode
kuantitatif adalah tata cara dalam mendapatkan pengetahuan dengan
menggunakan
data-data berupa angka seperti alat dalam mengolah data tentang sesuatu yang
diinginkan.
b.
Metode
Kualitatif
Metode
kualitatif adalah metode penelitian yang tidak menghubungkan tahapan statistic
atau bentuk hitungan dan jumlah menjadi bilangan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
“Metode kuantitatif” karena dengan metode ini dapat mencapai pengetahuan dengan
menggunakan data-data berupa angka yang dalammengolah data tentang sesuatu yang diinginkan.
2.
Obyek
Penelitian
Adapun obyek
penelitiannya yakni seluruh individu dan kelompok dalam penelitian. Dan
kelompok dari penelitian ini terdiri dari siswa-siswi kelas VIII B MTsN 1
rungkut Surabaya.
3.
Sampel
Penelitian
Adapun sampel
dari penelitian ini yakni sebagian dari kelompok yang mewakilinya.[9]
Sedangkan sampel penelitian dari penelitian ini yakni seluruh siswa-siswi kelas
VIII B MTsN 1 Rungkut Surabaya sejumlah 33 siswa. Dan metode sampel yang saya
gunakan dalam penelitian ini yakni Purposive Sampling.
H.
Metode
Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tidak hanya menggunakan
satu metode saja melainkan menggunakan beberapa metode. Metode-metode tersebut,
yakni:
1.
Metode
Angket
Yakni metode
dengan menyediakan beberapa pertanyaan tertulis untuk mendapatkan jawaban yang
diinginkan.[10]
Peneliti menyebarkan angket pada siswa-siswi MTsN 1 Rungkut Surabaya. Metode
ini digunakan untuk pengumpulan data tentang metode pengajaran bahasa Arab.
2.
Metode
Dokumentasi
Yakni metode
yang mengambil sumber dari berbagai sumber, seperti dari majalah, koran dan
beberapa dokumen yang telah tersedia di sekolahan.[11]
Dalam metode ini, peneliti mengambil dokumentasi tentang keadaan sekolah dan
seluruh subyek di dalamnya seperti jumlah tenaga pengajar serta jumlah
siswa-siswi dalam sekolah ini.
3.
Metode
Tes
Yakni
suatu kegiatan yang berwujud tes. Peneliti menggunakan metode ini untuk
mengetahui pemahaman maqro’ di MTsN 1 Rungkut Surabaya.
I.
Analisis
Data
Analisis data
adalah salah satu cara dalam menjawab permasalahan yang digunakan penulis dalam
penelitian ini. Dalam kesempatan ini, peneliti mengenalkan masalah secara
kuantitatif yakni dari penjumlahan dengan metode statistik.[12]
Sedangkan rumus keseimbangan yang digunakan peneliti, yaitu:
1.
Rumus
Prosentase
Rumus ini
digunakan untuk menganalisis data tentang permainan “dinding berbicara” dalam
pemahaman maqro’ dengan MTsN 1 Rungkut Surabaya. Peneliti mendapatkan
data secara referendum, yaitu:
Keterangan:
P = Prosentase
F = Frekuensi
N = Jumlah subyek yang diteliti[13]
Sedangkan penjelasan dan penentuan
dalam menganalisis data kolektif dan perwujudan asumsi ilmiah, maka peneliti
menggunakan kuantitas yang ditunjukkan oleh Suharsimi Arikunto, seperti ini[14]:
Bagus
|
76%
- 100%
|
Sedang
|
56%
- 75%
|
Kurang
|
40%
- 55%
|
Jelek
|
10%
- 39%
|
2.
Tes
Peneliti
menggunakan rumus ini untuk mendapatkan data tentang perbandingan kompetensi
siswa-siswi dalam pengajaran membaca. Setelah dianalisis ditemukan perbedaan
antara kompetensi siswa sebelum penerapan cara permainan “dinding berbicara”
dan setelah penerapannya.
Dalam tes ini
menggunakan rumus SSPS 20[15],yakni:
J.
Rencana
Penelitian
Dalam rencana
penelitian ini, ada empat bab yang akan dibahas, yaitu:
Bab
Pertama : Dalam bab ini, peneliti mengembangkan
pendahuluan
dengan mencantumkan latar
belakang,
rumusan masalah, tujuan, manfaat,
penjelasan
beberapa istilah, hipotesis, metode,
analisis dan rencana penelitian.
Bab Kedua : Dalam bab ini, kajian teori dibagi menjadi
dua
pasal, yaitu:
Pasal pertama : Mencari pengertian tentang
permainan “dinding
berbicara” beserta
penggunaannya.
1.
Pengertian
tentang permainan “dinding berbicara”.
2.
Langkah-langkah
penggunaan permainan “dinding berbicara”.
3.
Tujuan
dari penerapan permainan “dinding berbicara”.
4.
Manfaat
permainan bagi pendidikan.
5.
Kelebihan
dan kekurangan permainan “dinding berbicara”.
Pasal kedua : Pemahaman maqro’
1.
Pengertian
pemahaman maqro’
2.
Pentingnya
bacaan
3.
Tujuan
pemahaman maqro’
4.
Macam-macam
bacaan
5.
Konsep
membaca dengan pemahaman
Bab Ketiga : Dalam bab ini, terdapat dua pasal, yaitu:
Pasal pertama :
Pandangan umum MTsN 1
Pasal kedua : Menguji dan menganalisis
data,
yang terdiri dari:
1.
Penerapan
permainan pengajaran bahasa dengan “dinding berbicara” dengan pelajaran bahasa
Arab.
2.
Wujud
pemahaman maqro’ bagi siswa-siswi dalam pengajaran bahasa Arab.
3.
Efektivitas
penerapan permainan “dinding berbicara” dalam meningkatkan pemahaman maqro’
bagi siswa-siswi.
Bab Keempat :
Dalam bab ini, terdiri dari kesimpulan dan saran.
[1] Taif Mahmud
Ma’ruf, Karakteristik Arab (Lebanon: Darrun Nafs 1985), hal. 31
[2] Ali Khuri
Abdul Jalil dan Harri. Pertimbangan Metode Pembelajaran Bahasa Asing
(Surabaya, Ma’had Ta’limul Lughah Arabiyah Masjid Ampel Jami’ :1432), h.2-3.
[3] Lewis Ma’luf, Munjid
al-Luhgah wal-I’lam (Beirut: Darrul Masruq, 1987),h. 30.
[4] Ibid.,
h. 36.
[5] Fathul Mujib dan Nailul Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung
Pembelajaran Bahasa Arab(2), (DIVA Press: Jogjakarta, 2012), hal.105.
[6] Lewis Ma’luf, Munjid
al-Luhgah wal-I’lam (Beirut: Darrul Masruq, 1987),h. 526.
[7] Blog. re. or.
id/ belajar-bahasa-arab.htm
[8] Suharsimi
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka
Cipta 2006), hal. 62
[9] Margono, Metodologi
Penelitian Pendekatan, (Jakarta : Rineka Cipta, 1997), hal. 121
[10] Sutrisno Hadi, Metodologi
Research, (Yogyakarta: Andi Offset), hal 192
[11] Ibid.,
h.231.
[14] Suharsimi
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka
Cipta 2006), hal. 246
[15] Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada, 1996), hal. 277
[2] على خوري عبد الجليل وأحمد هرا , مذاكرة طرق
تدريس اللغة الأجنبية (سوربايا , معهد تعليم اللغة العربية مسجد أمبيل الجامع
:1432) ص , 2-3
Fathul
Mujib dan Nailul Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab(2), (DIVA Press: Jogjakarta, 2012), hal.105.
Blog. re. or. id/ belajar-bahasa-arab.htm
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik, (Jakarta:
Rineka Cipta 2006), hal. 62
Margono,
Metodologi Penelitian Pendekatan, (Jakarta : Rineka Cipta, 1997), hal.
121
[12] يترجم من :
Zaenal Arifin, Metodologi Penelitian
Pendidikan, (Surabaya: Lentera Cendekia:2010), hal.114
Suharsimi Arikunto, Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta 2006), hal. 246
Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada, 1996), hal. 277
keren banget mbak...