Recent twitter entries...

Tumbuhkan Keyakinanmu

Pandangan Etika Pancasila Terhadap Money Politik

Money Politic, sepintas awam dalam benak kita mendengar dua kata tersebut. Banyak kalangan yang belum tahu tentang istilah money politic, terutama masyarakat pedalaman.

Seiring berkembangnya zaman, istilah money politic marak terjadi dalam
negara kita tercinta ini. Banyak kalangan yang tidak berfikir akan dampak yang terjadi dalam money politic. Sebelum membahas lebih jauh tentang money politic alangkah lebih baiknya mengetahui terlebih dahulu makna dari money politic  itu sendiri.
Dari informasi yang saya dapat, saya memahami bahwa money politic adalah bentuk pemberian uang pada masyarakat dari atasan pada bawahan dengan tujuan tertentu. Dalam kurun waktu  ini, money politic tampak terlihat dalam pemilu 9 April 2014. Banyak masyarakat yang menerima uang dalam pemilihan ini hampir setiap partai memberikan pada masyarakat secara cuma-cuma, bahkan terdapat anggaran sendiri dalam hal ini. Melihat kondisi tersebut, miris melihatnya. Ingin sekali memberikan penjelasan bahwasanya itu adalah money politic yang harus diketahui oleh bangsa Indonesia. Bukannya negara yang baik, sistemnya harus juga baik terutama dalam Pemilu 2014 ini?!
Melihat pernyataan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwasanya praktek money politic belum disadari oleh masyarakat Indonesia. Serta kurang tahunya dampak dari money politic .
Bila dihubungkan dengan etika pancasila, money politic ini tidak sesuai dengan etika pancasila. Mengapa hal ini tidak sesuai atau tidak sejalan?!
Karena dalam pancasila yakni sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”, menunjukkan bahwasanya dalam negara ini sistem atau pemerintahan harus berlaku yang jujur atau mencerminkan akhlakul karimah. Nah, melihat money politic seperti itu sudah menunjukkan ketidakjujuran terhadap negara terlebih dengan bangsa Indonesia yang selama ini menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila terutama etika pancasila.  
Untuk itu, perlu kiranya penanaman nilai-nilai pancasila terutama etika pancasila pada setiap lapisan masyarakat agar mengetahui segala tindak tanduk pemerintahan dalam mengatur negara ini. Karena kekuasaan tertinggi dalam negara ini yakni rakyat bukanlah presiden. Presiden hanyalah pemimpin dalam negara ini, rakyatlah yang menentukan segalanya dalam hal ini.







Comments (0)

Posting Komentar