التجريد
فيفي اكايانتي. 2015. "فعالية تطبيق المدخل
العلمي في مهارة الكتابة للمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وار
سيدوارجو"
الكلمات
الرئيسية: المدخل العلمي، مهارة الكتابة
والمدخل مؤثر جداً في عملية التعلم. باستخدام المدخل
العلمي، يمكن أن يساعد الطلاب على استخراج مفردات اللغة العربية ويمكن أن بساعد
معلم على بسهولة أكبر في توجيه المتعلمين الكتابة باللغة العربية مع حسن وصحيحة. وبالمفردات
يمكن أن يضع الطلاب جملا مفيدة بحيث أنها
قادرة على تحسين مهارات الكتابة لدى الطلاب.
يتحدث هذا البحث على مسألة في تعليم اللغة
العربية لا سيما مهارات الكتابة. وفي الواقع، الكتابة هي إحدى الوسائل التواصل مع
اللغة بين الناس مع الأشخاص الآخرين الذين لا تقتصر في الوقت والمكان. لذلك،
الكتابة مهم جداً في تعلم اللغة العربية. وأجرى استخدام هذا المدخل لتحسين الطلبة
مهارات الكتابة بشكل مستقل، وتشارك مشاركة مباشرة في عملية التعلم.
لمعرفة بعض المشاكل التي وجدت بخلفية البحث
سابقا, وضعت الباحثة القضايا كما تلي: (1) كيف تطبيق "المدخل العلمي" في
مهارة الكتابو للفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو سيدوارجو؟ (2) كيف فعالية "المدخل
العلمي" في مهارة الكتابو للفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار
العلوم وارو سيدوارجو؟
للحصول على البيانات المتعلقة بتلك المشكلة، استخدمت
الباحثة ثلاث أدوات بجمع البيانات، أي
الملاحظة والمقابلات والوثائق. أما نوع هذ البحث هو البحث الكمي، ويجري البحث نحو التلاميذ في الفصل السابع بالمدرسة
المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو سيدوارجو وكان عددهم حوالي 326 تلميذا. أما
فرقة العينة منهم حوالي 48 تلميذا. حللت في وصفياً البيانات التي تم الحصول عليها
وتحليلها باستخدام صيغة اختبار ت. هنا الباحثون باستخدام البرنامج SPSS
16 يسمح للباحثين، ثم قيمة الطلاب يعني قبل تطبيق
"المدخل العلمي" الاختبار (الأولى) هي القيمة يعني 99,58، وبعد تطبيق
"المدخل العلمي" (posttest) هو 66,25. حساب القيمة t 11,094 > يبين الجدول t 2.68 وهذا هو نفي. وقيمة sig 0.000 0.005 ثم هو < رفض وتلقى ها
وهكذا, وهذا يعني أنه يمكن تطبيق المدخل العلمي
لتحسين مهارات
الكتابة للطلاب من الصف السابع النظام التجاري المتعدد الأطراف المدرسة المتوسطة
الإسلامية دار العلوم وارو سيدوارجو.
ABSTRAK
Vivi Ekayanti. 2015. “ Efektivitas
Penerapan Scientific Approach dalam Maharah Kitabah Kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo”.
Kata Kunci: Pendekatan
Scientific Approach, Maharah Kitabah
Pendekatan
sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan
saintifik, dapat membantu siswa untuk memperbanyak kosa kata arab dan dapat
membantu seorang guru untuk lebih mudah dalam membimbing peserta didik untuk
menulis bahasa arab dengan bagus dan benar. Dengan kosa kata bahasa arab tersebut
siswa dapat belajar membuat sebuah kalimat sehingga mampu meningkatkan
keterampilan menulis siswa.
Penelitian
ini dilakukan atas suatu masalah kurang berhasilnya pengajaran bahasa Arab
terutama keterampilan menulis. Pada hakikatnya, menulis merupakan salah satu
sarana berkomunikasi dengan bahasa antara orang dengan orang lainnya yang tidak
terbatas oleh waktu dan tempat. Untuk itu,
menulis sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Penggunaan pendekatan
ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa secara mandiri dan
terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Untuk
mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka
dirumuskan beberapa masalah antara lain: (1) Bagaimana penerapan Scientific
Approach dalam maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Darul Ulum
Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana efektivitas
Scientific Approach dalam maharah kitabah siswa kelas VII di MTs
Darul Ulum Waru Sidoarjo?
Untuk
mendapatkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan tersebut, maka
penulis menggunakan 3 instrumen pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, yang
menjadi populasi adalah murid kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo yang
berjumlah 326 siswa. Dan sampel yang diambil berjumlah 48 siswa. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus
uji T. Disini peneliti menggunakan software SPSS 16 yang memudahkan peneliti,
maka nilai Mean siswa sebelum penerapan Scientific Approach (pretest)
adalah 99,58, dan nilai Mean setelah penerapan Scientific Approach
(posttest) adalah 66,25. Nilai t hitung 11,094 > t tabel 2,68 dan ini
menunjukan Ho ditolak. Dan nilai sig 0,000 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha
diterima.
Dengan
demikian. artinya pendekatan Saintifik
(Scientific Approach) ini dapat diterapkan untuk meningkatkan
keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum Waru
Sidoarjo.
Comments (0)
Posting Komentar