Recent twitter entries...

Tumbuhkan Keyakinanmu

Skripsiku (Abstrak)

التجريد


فيفي اكايانتي. 2015. "فعالية تطبيق المدخل العلمي في مهارة الكتابة للمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وار سيدوارجو"
 


الكلمات الرئيسية: المدخل العلمي، مهارة الكتابة

والمدخل مؤثر جداً في عملية التعلم. باستخدام المدخل العلمي، يمكن أن يساعد الطلاب على استخراج مفردات اللغة العربية ويمكن أن بساعد معلم على بسهولة أكبر في توجيه المتعلمين الكتابة باللغة العربية مع حسن وصحيحة. وبالمفردات يمكن أن يضع الطلاب جملا مفيدة  بحيث أنها قادرة على تحسين مهارات الكتابة لدى الطلاب.
يتحدث هذا البحث على مسألة في تعليم اللغة العربية لا سيما مهارات الكتابة. وفي الواقع، الكتابة هي إحدى الوسائل التواصل مع اللغة بين الناس مع الأشخاص الآخرين الذين لا تقتصر في الوقت والمكان. لذلك، الكتابة مهم جداً في تعلم اللغة العربية. وأجرى استخدام هذا المدخل لتحسين الطلبة مهارات الكتابة بشكل مستقل، وتشارك مشاركة مباشرة في عملية التعلم.
لمعرفة بعض المشاكل التي وجدت بخلفية البحث سابقا, وضعت الباحثة القضايا كما تلي: (1) كيف تطبيق "المدخل العلمي" في مهارة الكتابو للفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو  سيدوارجو؟ (2) كيف فعالية "المدخل العلمي" في مهارة الكتابو للفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو  سيدوارجو؟
للحصول على البيانات المتعلقة بتلك المشكلة، استخدمت الباحثة  ثلاث أدوات بجمع البيانات، أي الملاحظة والمقابلات والوثائق. أما نوع هذ البحث هو البحث الكمي، ويجري  البحث نحو التلاميذ في الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو سيدوارجو وكان عددهم حوالي 326 تلميذا. أما فرقة العينة منهم حوالي 48 تلميذا. حللت في وصفياً البيانات التي تم الحصول عليها وتحليلها باستخدام صيغة اختبار ت. هنا الباحثون باستخدام البرنامج SPSS 16  يسمح للباحثين، ثم قيمة الطلاب يعني قبل تطبيق "المدخل العلمي" الاختبار (الأولى) هي القيمة يعني 99,58، وبعد تطبيق "المدخل العلمي" (posttest) هو 66,25. حساب القيمة t 11,094 > يبين الجدول t 2.68 وهذا هو نفي. وقيمة sig 0.000 0.005 ثم هو < رفض وتلقى ها

وهكذا, وهذا يعني أنه يمكن تطبيق المدخل العلمي لتحسين مهارات الكتابة للطلاب من الصف السابع النظام التجاري المتعدد الأطراف المدرسة المتوسطة الإسلامية دار العلوم وارو سيدوارجو.



ABSTRAK


Vivi Ekayanti. 2015. Efektivitas Penerapan Scientific Approach dalam Maharah Kitabah  Kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo”.
 


Kata Kunci: Pendekatan Scientific Approach, Maharah Kitabah

            Pendekatan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan saintifik, dapat membantu siswa untuk memperbanyak kosa kata arab dan dapat membantu seorang guru untuk lebih mudah dalam membimbing peserta didik untuk menulis bahasa arab dengan bagus dan benar. Dengan kosa kata bahasa arab tersebut siswa dapat belajar membuat sebuah kalimat sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. 

Penelitian ini dilakukan atas suatu masalah kurang berhasilnya pengajaran bahasa Arab terutama keterampilan menulis. Pada hakikatnya, menulis merupakan salah satu sarana berkomunikasi dengan bahasa antara orang dengan orang lainnya yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Untuk itu, menulis sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Penggunaan pendekatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa secara mandiri dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain: (1) Bagaimana penerapan Scientific Approach dalam maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana efektivitas  Scientific Approach dalam maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo?
Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulis menggunakan 3 instrumen pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, yang menjadi populasi adalah murid kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo yang berjumlah 326 siswa. Dan sampel yang diambil berjumlah 48 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus uji T. Disini peneliti menggunakan software SPSS 16 yang memudahkan peneliti, maka nilai Mean siswa sebelum penerapan Scientific Approach (pretest) adalah 99,58, dan nilai Mean setelah penerapan Scientific Approach (posttest) adalah 66,25. Nilai t hitung 11,094 > t tabel 2,68 dan ini menunjukan Ho ditolak. Dan nilai sig 0,000 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian. artinya pendekatan Saintifik  (Scientific Approach) ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum Waru Sidoarjo.





Comments (0)

Posting Komentar